Sewa Ruang Kantor Zaman Now Hanya Rp 50.000 per Orang

sewa kantor murah jakarta selatan
Sewa kantor murah jakarta selatan – Coworking space sekarang menjadi salah satu opsi ruangan kantor yang kekinian untuk pekerja usaha rintisan atau start up. Di ruang bersama ini, mereka yang menyewa dapat menerima ruangan untuk berprofesi dengan harga yang lebih murah dan bentang waktu sewa mulai dari harian sampai tahunan.

CEO Kolega salah satu coworking space Rafi Rachmanzah menerangkan, coworking space menawarkan daerah kerja fleksibel di lokasi yang strategis. Mereka yang menyewa juga membayar layak manfaat yang didapat. Ia menerangkan ketika ini banyak perusahaan start up kecil yang belum mempunyai kantor permanen imbas harga sewa ruang kantor yang mahal dan jumlah karyawan yang belum terlalu banyak. “Kami menyebutnya ini daerah kerja zaman now, sebab harganya lebih murah ketimbang kantor awam dapat hemat 20%. Terus letaknya juga strategis, apabila ingin ke Sudirman atau Thamrin juga nggak jauh-jauh banget,” kata Rafi terhadap detikFinance, Sabtu (7/4/2018). Rafi menerangkan coworking space menawarkan pelbagai kemudahan seperti fasilitas furnitur, dunia online, telepon, listrik sampai konsumsi seperti makanan dan minuman. Ini lazimnya tak didapat di ruang sewa kantor profesional.

Kolega menawarkan untuk All Access Card seharga Rp 50.000 untuk tiap anggota per hari. Kemudian Coworking Zona Rp 1 juta per bulan, Dedicated Desk atau ruang untuk satu kategori start up dibanderol Rp 2 juta per bulan. Kecuali itu untuk ruang kantor berkapasitas 1 sampai 10 orang Rp 5 juta per unit. Kolega juga menyediakan ruang rapat dengan harga mulai dari Rp 165.000 per dua jam termasuk jaringan dunia online, minuman, dan papan tulis. Kemudian, ada juga event space dengan harga mulai dari Rp 1,1 juta per dua jam. Kolega sekarang berada di Tebet, Senopati, Antasari, Equity Tower, dan Satrio.

Pendiri Kedasi Ivan Podiman menerangkan, pekerja kreatif sekarang lazimnya malas untuk datang ke kantor-kantor besar. Hal ini sebab lazimnya ruang sewa kantor cukup mahal untuk pekerja kreatif, starts up dan freelancer. “Umumnya malas ke gedung sebab repot, sepatutnya rapi, jam kantor, tukar jalan masuk kartu, apabila sewa coworking space kan ia bebas ingin gunakan sandal, t-shirt bebas saja,” ujar ia. Berdasarkan Ivan, penyewaan coworking space lebih relatif murah seandainya diperbandingkan dengan ruang sewa kantor pada biasanya.

Di Kedasi, jumlah penyewa ketika ini menempuh 11 perusahaan. Kedasi menyediakan paket Rp 30.000 per jam, Rp 100.000 untuk harian dan Rp 75.000 untuk paket pelajar dengan fasilitas mulai dari tempat duduk dan meja kerja sampai tidak dipungut bayaran ngeprint. Sekarang Kedasi berada di Tomang, Tanjung Durian dan Thamrin. Founder Conclave Akbar Maulana Brojosaputro menerangkan coworking space sesungguhnya bertujuan untuk menolong usaha rintisan yang mempunyai budget minimal untuk menerima daerah kerja yang nyaman.

Conclave menawarkan harga sewa mulai dari Rp 100.000 per hari dengan fasilitas kartu jalan masuk masuk 24 jam, minuman, dunia online, pantry, listrik dan printer. Kemudian juga ada ruang rapat Rp 300.000 per jam dengan fasilitas coffee break, 1 flip chart, projector/LCD Televisi dan sharing lemari pendingin. Conclave juga menyediakan penyewaan TV harga auditorium dari Rp 1,5 juta per jam. Kecuali itu, Conclave juga menyewakan private office seharga Rp 4 juta per bulan dengan fasilitas dunia online, surat dan pelayanan dokumen, 12 jam rapat tidak dipungut bayaran, ruangan berkapasitas 4-6 orang, minuman, pantry, jalan masuk 24 jam. Conclave berada di Akses Wijaya 1 No 5C, Jakarta Selatan dan Akses Simatupang No 410.

Menurut data dari Savills, konsultan Properti asal Australia yang berkantor di Indonesia, pertengahan 2017 lalu harga sewa gedung perkantoran melai mengalami penurunan pada berdasarkan grade, seluruh pada grade premium dan grade B. Padahal tak securam antara 2014 ke 2015, tidak harga sewa masih melemah. Secara indeks, gedung tetapi grade A ratenya turun dari Rp 231.000 per m2 ke Rp 229.000 per m2, gedung premium dari Rp 196.000 per m2 ke Rp 193.000 per m2. Sementara harga sewa di grade C kelompok Rp 200.000 per m2, turun dari Rp 201.000 per m2 pada tahun 2016 lalu. Kenaikan harga sewa ialah terjadi pada gedung grade B, dari Rp 218.000 per m2 menjadi Rp 219.000 per m2. Melainkan harga ini tak lebih tinggi diperbandingkan harga tahun 2015 yang menempuh Rp 231.000 per m2.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *