Apartemen Green Pramuka City Terapkan Cara Keamanan Canggih

Apartemen Green Pramuka City Terapkan Cara Keamanan Canggih
Sebuah apartemen yang bagus diwajibkan memiliki metode antisipasi dari kemungkinan terjadinya petaka, secara khusus kebakaran. Di Jakarta, keharusan itu sudah dipegang dalam Regulasi Gubernur Nomor 143 Tahun 2016 seputar Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung dan Manajemen Keselamatan Kebakaran Lingkungan. Apartemen Green Pramuka City, yang berlokasi di bilangan Rawamangun, Jakarta Sentra, sungguh-sungguh sadar adanya keharusan itu. Karenanya semenjak permulaan beroperasi pada tahun 2010, rumit apartemen yang dikala ini dihuni sekitar 20.000 warga itu, dilengkapi dengan unit satuan perlindungan kebakaran gedung yang memadai.

Menempati lahan seluas 12,9 hektare, rumit apartemen Green Pramuka City terdiri dari dua blok yang totalnya berdiri 9 tower apartemen. Dengan sebuah mal premium besar dan kolam renang di tiap-tiap rumit, apartemen ini membikin kerasan penghuninya. Berlokasi di perbatasan Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Sentra, dengan segmen penghuni kebanyakan kelas menengah, harga unit apartemen ini relatif murah bagi karyawan dan keluarga muda. Semenjak Desember 2016, apartemen Green Pramuka City juga dilengkapi dengan absensi sentra perbelanjaan atau mall kelas premium. Kecuali terdapat supermarket Lotte Mart, sekarang di dalam mall ini juga tersedia banyak galeri ‘branded’ dan kafe premium. Tiap harinya mall ini dikunjungi ribuan pengunjung untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau kolega.

Baca juga : Apartemen di kebon jeruk

Nah, metode proteksi kebakaran di dalam mall ini secara biasa juga sama dengan metode proteksi kebakaran di apartemen. Tiap unit ruangan juga dilengkapi dengan bermacam perlengkapan proteksi kebakaran cocok standar. “Melainkan biasa metode proteksi di dalam mall tak jauh beda dengan di apartemen, padahal petugas divisi penanganan bahaya kebakarannya berbeda. Dia saling menunjang, ” ujar Head of Communication Apartemen Green Pramuka City, Lusida Sinaga dalam keterangan, Sabtu (15/12/2018).

Melainkan menambahkan, memang selama ini apartemen Green Pramuka City belum pernah terjadi kebakaran. “Bagus sebab unit proteksi kebakaran itu yaitu peralatan standar sebuah rumit apertemen yang wajib ready, sehingga kami senantiasa mengupdatenya secara profesional. Berdasarkan peralatannya, pelatihan, ataupun regu Fire Brigadenya,” kata ia. Jika Lusida, cocok prosedur di tiap-tiap ruang di dalam unit apartemen Green Pramuka City misal di ruang tengah, dapur, dan kamar tidur senantiasa dilengkapi dengan smoke detector, heat detector, dan head sprinkler. Di tiap-tiap koridor antar unit senantiasa tersedia head sprinkler dan 3 tabung pemadam kebakaran ukuran 3,5 kilogram.

Dan di tiap-tiap lantai koridor senantiasa tersedia 3 hydrant box, 3 selang hydrant nozle landing valve, alarm bell, panic bottom break glass, telepon darurat, dan tangga darurat evakuasi. Sehingga apabila ada asap rokok berlebihan di dalam ruangan, karenanya smoke detector akan memberikan sinyal ke Master Control Fire Alarm, sehingga alarm bell berbunyi sebagai peringatan dini indikasi adanya faktor panas/api, dan apabila temperatur ruang menempuh lebih 60 derajat celcius karenanya heat detector akan bereaksi seperti halnya smoke detector. “Selain temperatur ruangan terus menyebar dan berkelanjutan karenanya yang berikutnya akan membikin head sprinkler aktif memancarkan air dalam radius 4 meter. Dengan demikian itu, antisipasi semenjak dini dapat dijalankan,” ujar Lusida.

Kecuali itu, di tiap-tiap lantai juga dilengkapi 15 head sprinkler dan 15 heat detector, emergency call, tangga darurat, dan speaker car call. Kemudian dalam satu rumit termonitor dalam Fire Command Centre yang senantiasa ada petugas Fire Safety yang senantiasa berjaga 24 jam. Di outdoor zona biasa juga kami lengkapi dengan Hydrant Pillar yang terhubung segera dengan instalasi PDAM (sebagai option sumber air) juga Siamese Connection yang akan mengaitkan selang dari Truk Pemadam Kebakaran ke box hydrant yang diperlukan. Kecuali itu, jalan masuk yang lebar cukup untuk bermanuver masuknya truk-truk pemadam kebakaran apabila terjadi emergency.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *