Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Berinvestasi Laser Cutting Machine

Teknologi telah mencapai titik di mana individu sehari-hari dapat membeli pemotong laser entry-level dengan harga yang terjangkau. Jika Anda seorang bisnis dan ingin membawanya ke tingkat selanjutnya, tentu ada pilihan untuk peningkatan juga.

Namun, jika Anda baru mengenal perihal mesin pemotongan laser, Anda mungkin belum tahu apa yang harus dicari. Maka kami akan membantu Anda cara mencari mesin pemotong laser.

Kami akan membahas pertimbangan dalam memilih mesin pemotong laser dan mesin ukiran, untuk semua poin yang memungkinkan. Jadi apakah Anda ingin mendapatkan mesin pemotong laser yang tepat, kami di sini akan membantu Anda.

Simak Juga: Mesin Laser Grafir

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan

Bahkan jika Anda bekerja di industri percetakan dan manufaktur, pemotongan dan pengukiran laser sama sekali berbeda. Di sini Anda sering bekerja dengan segala sesuatu mulai dari logam keras hingga bahan sangat lunak yang mungkin pecah jika tidak diukir dengan benar.

Dengan begitu banyak hal baru yang tidak diketahui, Anda mungkin tidak tahu apa yang harus dilakukan, berapa banyak yang dibelanjakan, dan apa yang tepat untuk bisnis Anda.

Terlepas dari apakah Anda menginginkan mesin ukiran untuk penggunaan pribadi atau profesional, berikut adalah yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Harga
Benar, harga adalah di atas segalanya, ketahuilah berapa banyak yang dapat Anda bayarkan (dan mampu anda bayar). Mesin pemotong laser dan mesin ukiran yang kami tutupi di sini berkisar dari hanya di bawah 3 juta rupiah hingga hampir 150 juta rupiah. Jadi seperti yang Anda lihat, ada perbedaan harga yang substansial.

Sekarang, bahkan jika Anda mencari peralatan profesional bukan berarti Anda harus membeli yang mahal. Bahkan, Anda mungkin menemukan pilihan terbaik dengan memilih yang sesuai untuk kebutuhan-kebutuhan perusahaan Anda dengan harga yang lebih rendah. Secara umum, itu ide yang baik untuk setidaknya memiliki ide umum dengan apa yang Anda nyaman belanjakan.

2. Kompatibilitas Perangkat Lunak
Dengan mesin pemotong laser dan pengukir, Anda akan memiliki satu dari dua opsi. Yang pertama adalah memaksa semua pekerjaan Anda ke dalam perangkat lunak yang sudah secara khusus ada pada mesin laser. Opsi kedua adalah mesin pemotong yang akan berfungsi dengan perangkat lunak Anda. Dengan cara ini, jika Anda membuat sesuatu dalam CAD atau properti Adobe, Anda dapat mentransfernya ke mesin pemotong.

Biasanya, perangkat lunak yang disertakan akan lebih murah tetapi mungkin mengurangi kemampuan Anda untuk sepenuhnya mewujudkan sisi kreatif Anda, karena Anda akan dipaksa untuk tetap berada dalam font dan desain tertentu.

3. Pilihan Bahan
Materi apa yang ingin Anda personalisasi? Beberapa pemotong laser dan mesin ukiran ini hanya akan bekerja pada bahan yang lebih lembut, seperti pengaplikasian objek kulit atau glossy yang dapat Anda tempatkan pada cangkir. Dan yang lainnya akan bekerja pada logam. Ini akan memainkan peran yang sangat besar dalam memilih mesin ukiran yang tepat untuk Anda. Jika Anda ingin mengukir pada logam ada mesin yang sangat spesifik yang perlu Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin mencetak hanya pada bahan kulit atau material perangkat lunak ada pilihan lain di luar sana.

Di sinilah Anda perlu tahu persis apa rencana Anda sebelumnya, jika tidak, Anda mungkin berakhir dengan pemotong laser dan mesin ukiran yang tidak melakukan apa yang Anda butuhkan.

4. Pilihan Koneksi Penghubung Mesin
Bagaimana mesin ukiran terhubung ke komputer Anda? Ini mungkin tidak sepenting bagi sebagian orang sementara bagi yang lain ini sangat penting. Dengan sebagian besar, Anda akan menemukan ada koneksi USB. Namun, yang lain mungkin terhubung melalui Bluetooth atau antarmuka nirkabel 2.4GHz. Jika Anda tidak keberatan dengan koneksi kabel, Anda seharusnya tidak memiliki masalah. Di lain waktu, jika Anda ingin membebaskan ruang kerja Anda, Anda harus mempertimbangkan perangkat yang menggunakan teknologi nirkabel.

5. Besar Ukuran Mesin
Berapa banyak ruang yang harus Anda kerjakan? Apakah Anda memerlukan sesuatu yang sesuai dengan meja Anda, atau apakah Anda baik-baik saja dengan perangkat yang berdiri sendiri dengan ukuran sebesar meja? Saat Anda memilih meningkatkan titik harga dan meningkatkan mesin laser dengan fitur lebih banyak, Anda juga akan menemukan bahwa perangkat ini akan jauh lebih besar (dan lebih berat) daripada apa yang Anda temukan di kelas mesin laser yang lebih murah.

Ukuran mesin pemotong laser tidak selalu jelas menurut gambar, jadi pastikan untuk melihat spesifikasi produk. Selalu ketahui terlebih dahulu spesifikasi mesin pemotong laser sebelum Anda memesan.

Kunjungi Juga: Mesin Laser Cutting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *