Tips untuk Makanan Sehat

kotak makanan

Tips-tips praktis ini meliputi dasar-dasar makan sehat dan bisa menolong Anda membikin opsi yang lebih sehat. Kunci dari diet sehat yaitu makan dalam jumlah kalori yang ideal untuk seberapa aktif Anda sehingga Anda menyeimbangkan kekuatan yang Anda konsumsi dengan kekuatan yang Anda pakai. Sekiranya Anda makan atau minum lebih dari keperluan tubuh Anda, Anda akan bertambah berat sebab kekuatan yang tak Anda pakai disimpan sebagai lemak. Sekiranya Anda makan dan minum terlalu sedikit, berat badan Anda akan turun.

Anda juga mesti makan beraneka jenis makanan untuk memutuskan Anda menerima diet berimbang dan tubuh Anda mendapatkan segala gizi yang diperlukan. Direkomendasikan bahwa pria mempunyai sekitar 2.500 kalori sehari (10.500 kilojoule). Wanita mesti mempunyai sekitar 2.000 kalori sehari (8.400 kilojoule). Beberapa besar orang dewasa di Inggris makan lebih banyak kalori ketimbang yang mereka butuhkan dan mesti makan lebih sedikit kalori.

1. Basis makanan Anda pada karbohidrat tinggi serat serat

Karbohidrat bertepung wajib membikin lebih dari sepertiga dari makanan yang Anda makan. Mereka termasuk kentang, roti, nasi, pasta dan sereal. Pilih serat yang lebih tinggi atau varietas gandum, seperti pasta gandum, beras merah atau kentang dengan kulitnya. Mereka mengandung lebih banyak serat ketimbang karbohidrat bertepung putih atau halus dan bisa menolong Anda merasa kekenyangan lebih lama.

Cobalah untuk memasukkan setidaknya 1 makanan bertepung dalam tiap makanan utama. Sebagian orang berdaya upaya makanan bertepung menggemukkan, tapi gram untuk gram karbohidrat yang dikandungnya menyediakan kurang dari separo kalori lemak. Amati lemak yang Anda tambahkan dikala memasak atau memberi tahu makanan variasi ini sebab itulah yang meningkatkan kandungan kalori – umpamanya, minyak goreng, mentega pada roti, dan saus krim pada pasta.

Simak juga : gelas plastik

2. Makan banyak buah dan sayuran

Direkomendasikan supaya Anda makan setidaknya 5 porsi tipe buah dan sayuran tiap-tiap hari. Mereka dapat segar, beku, kalengan, kering atau dijus. Mendapat 5 Hari Anda lebih gampang ketimbang kedengarannya. Kenapa tak memotong pisang di atas sereal sarapan Anda, atau menukar camilan pagi hari Anda yang lazim dengan sepotong buah segar?

Beberapa dari buah dan sayuran segar, kalengan atau beku yakni 80g. Beberapa buah kering (yang mesti disimpan pada waktu makan) yakni 30g. Segelas 150 ml jus buah, jus sayuran, atau smoothie juga dihitung sebagai 1 porsi, tapi batasi jumlah yang Anda mesti tak lebih dari 1 gelas sehari sebab minuman ini manis dan bisa merusak gigi Anda.

Simak juga : kotak makanan

3. Makan lebih banyak ikan, termasuk satu porsi ikan berminyak

Ikan ialah sumber protein yang bagus dan mengandung banyak vitamin dan mineral.

Usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam seminggu, termasuk setidaknya 1 porsi ikan berminyak.

Ikan berminyak tinggi lemak omega-3, yang bisa menolong mencegah penyakit jantung.

Ikan berminyak termasuk:

  • ikan salmon
  • ikan trout
  • ikan haring
    ikan sarden
  • pilchards
  • ikan kenyang

Ikan tak berminyak mencakup:

  • Haddock
  • plaice
  • coley
  • ikan kod
  • tuna
  • sepatu roda
  • semacam ikan

Anda bisa memilih dari ikan segar, beku dan kalengan, tapi ingat bahwa ikan kalengan dan asap dapat tinggi garam. Kebanyakan orang mesti makan lebih banyak ikan, tapi ada batasan yang dianjurkan untuk sebagian macam ikan.

Simak juga : paper cup

4. Makan lebih sedikit garam: tak lebih dari 6g sehari untuk orang dewasa

Makan terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin terserang penyakit jantung atau terserang stroke. Malahan seandainya Anda tak menambahkan garam ke makanan Anda, Anda mungkin masih makan terlalu banyak. Sekitar tiga perempat garam yang Anda makan telah ada dalam makanan ketika Anda membelinya, seperti sereal sarapan, sup, roti, dan saus.

Pakai label makanan untuk menolong Anda mengurangi. Lebih dari 1,5 g garam per 100 g berarti makanan mengandung banyak garam. Orang dewasa dan si kecil-si kecil berusia 11 tahun ke atas wajib makan tak lebih dari 6g garam (sekitar satu sendok teh) sehari. Buah-si kecil yang lebih muda sepatutnya mempunyai lebih sedikit.

 

Menerapkan sistem keamanan pada gedung perkantoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *