Perawatan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Kebakaran

Orang-orang bergantung pada alat pemadam kebakaran untuk bekerja dengan baik saat terjadi kebakaran kecil. Namun, jika ada bagian dari alat pemadam yang tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan terjadinya kebakaran dapat dikurangi. Oleh karena itu, alat pemadam kebakaran Anda perlu dirawat dan diperiksa secara rutin.

Kapan Memeriksa Alat Pemadam Kebakaran

Semua alat pemadam kebakaran perlu diperiksa minimal sebulan sekali. Anda harus lebih sering memeriksanya jika berada di lingkungan yang parah. Setiap pemeriksaan tidak memakan waktu lama, tetapi ini benar-benar dapat membuat perbedaan dalam cara pemadam kebakaran Anda beroperasi dalam keadaan darurat.

Simak Juga: Isi Ulang Pemadam Kebakaran

Cara Memeriksa Alat Pemadam Kebakaran

Memeriksa alat pemadam kebakaran itu cepat dan mudah. Mulailah dengan memastikan tidak ada yang memblokirnya. Coats atau benda lain dapat mengganggu Anda untuk mengambil alat pemadam dengan segera. Selanjutnya, lihat level tekanan dan verifikasi bahwa sudah pada pengaturan yang direkomendasikan. Alat pemadam kebakaran dengan pengukur biasanya dipasang dengan jarum di zona hijau; tidak terlalu tinggi atau rendah.

Selain itu, periksa nozel dan bagian pemadam dari kerusakan atau keausan, termasuk penyok, karat, endapan bahan kimia, dan kebocoran. Jika ada zat di luar, bersihkan dengan saksama. Pastikan pin dan segel pemadaman masih utuh (tidak semua alat pemadam kebakaran memiliki segel).

Perawatan Alat Pemadam Kebakaran

Produsen tertentu merekomendasikan mengguncang pemadam api kimia kering sebulan sekali. Ini akan mencegah bubuk mengendap atau mengemas terlalu banyak. Baca petunjuk atau label alat pemadam api Anda untuk mengetahui apakah dan kapan perlu dilakukan pengujian tekanan. Pengujian hidrostatis biasanya dilakukan setelah beberapa tahun dan menunjukkan keamanan silinder pemadam. Jika tidak ada informasi yang tersedia, hubungi pabrikan tentang seberapa sering uji tekanan diperlukan.

Setiap alat pemadam kebakaran harus diisi ulang segera setelah digunakan; tidak peduli seberapa banyak atau sedikit yang digunakan.

Baca Juga: Isi Tabung Apar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *